Popular Post

Posted by : Unknown 25 Agu 2013

Saat ini industri hiburan yang sangat berkembang dengan cukup pesat memiliki berbagai karakter target audiens sebagai sasarannya. Media hiburan dan seni dalam bentuk manga atau anime juga memiliki berbagai variasi dan jenisnya berusaha menarik perhatian dari pembaca maupun penonton. Berikut beberapa film animasi/kartun dengan tema cerita yang mendidik dan menghibur.
Nobody's Boy: Remi anime yang diangkat dari novel berjudul Sans Famille oleh seorang penulis Perancis bernama Hector Malot
Nobody’s Boy: Remi anime yang diangkat dari novel berjudul Sans Famille oleh seorang penulis Perancis bernama Hector Malot
Sekitar pertengahan tahun 1995, Nobody’s Boy: Remi merupakan salah satu film kartun sangat ditunggu-tunggu oleh anak kecil maupun remaja yang baru belasan tahun. Kisahnya sederhana, tentang seorang anak kecil yang harus menjalani masa kanak-kanaknya dengan mengamen di seantero negeri Prancis. Bersama seniman jalanan yang kelak menjadi ayah angkat, tiga ekor anjing dan seekor monyet, Remi terus berkelana mencari rezeki halal untuk kehidupan sehari-harinya. Remi adalah film kartun yang sangat berkesan. Sebab, dari tubuhnya yang kecil dan ringkih, ia sudah mengajarkan cara berjuang hidup di jalanan. Bukan dengan mengemis, tapi justru menjual apa yang dia bisa, seperti permainan musik serta gerak pantomim yang diperagakan sang monyet.  Anime yang diangkat dari novel berjudul Sans Famille oleh seorang penulis Perancis bernama Hector Malot. Serialnya dirilis oleh Tokyo Movie Shinsha pada tahun 1980.  Saat ini rasanya cukup sulit mencari film kartun yang sangat mendidik dan inspiratif layaknya Nobody’s Boy: Remi.
Ikkyu San, biksu cerdas dari kuil Ankoku
Ikkyu San, biksu cerdas dari kuil Ankoku
Ikkyu San adalah seorang anak permaisuri yang dibesarkan di kuil. Ankoku. Sosok anak cerdas dibanding kawan sebayanya, ia mampu memecahkan berbagai persoalan. Dengan memusatkan pikiran dan perhatian dalam menghadapi masalah yang dihadapi, Ikkyu San selalu bisa memperoleh jalan keluar. Anime Ikkyu San juga tidak menampilkan adegan kekerasan sehingga cukup baik sebagai media hiburan bagi anak-anak. Anime yang mulai disiarkan pada tahun 1975 terdiri atas 296 episode.
Candice White Ardlay, atau biasa dipanggil Candy. Diangkat dari novel prosa yang ditulis oleh Kyoko Mizuki
Candice White Ardlay, atau biasa dipanggil Candy. Diangkat dari novel prosa yang ditulis oleh Kyoko Mizuki
Karakter gadis kecil berambut pirang, bermata besar dan berhidung lancip bernama Candice White Ardlay, atau biasa dipanggil Candy. Diangkat dari novel prosa yang ditulis oleh Kyoko Mizuki pada tahun 1975 menceritakan seorang anak perempuan yang bercita-cita menjadi perawat dan harus menjalani kisah hidupnya yang cukup berliku. Termasuk ketika di usia belasan, menemukan kawan yang kelak menjadi pacarnya, Pangeran Albert. Dalam anime Candy Candy, digambarkan mengenai prilaku seorang gadis kecil yang giat mengejar impiannya dan pantang menyerah. Candy Candy juga telah memenangkan Kondasha Manga Award di tahun 1977.
Doraemon merupakan film kartun pertama yang ditayangkan salah satu stasiun televisi swasta sekitar tahun 1989
Doraemon merupakan film kartun pertama yang ditayangkan salah satu stasiun televisi swasta sekitar tahun 1989
Untuk anime yang 1 ini sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Sebab, Doraemon merupakan film kartun pertama yang ditayangkan salah satu stasiun televisi swasta sekitar tahun 1989. Doraemon yang diangkat dari serial manga hasil karya Fujiko. F. Fujio. Seri pertama kali muncul Desember 1969 dan total 1.344 cerita original yang dibuat. Yang menarik dari Doraemon, sebenarnya bukan tokoh utamanya si robot kucing. Melainkan adalah Nobita, seorang anak laki-laki pemalas yang selalu mengandalkan barang-barang dari kantong ajaib Doraemon. Mulai dari baling-baling bambu, pintu ajaib dan lain sebagainya. Berbagai penghargaan telah diraih dari karakter Doraemon termasuk diangkat menjadi duta anime oleh Kementerian Luar Negeri Jepang.
serial manga yang ilustrasi dan naskahnya dibuat oleh Naoko Takeuchi
serial manga yang ilustrasi dan naskahnya dibuat oleh Naoko Takeuchi
Dipimpin oleh Usagi (Sailor Moon), Ami (Merkurius), Rei (Mars), Makoto (Jupiter), dan Ai (Venus), kelima pahlawan yang terdiri dari gadis-gadis remaja yang bahu-membahu membasmi kejahatan. Namun, selain semangat melawan musuh, kelima gadis tersebut juga saling bersaing memperebutkan seorang Mamoru, pria muda nan misterius, yang mengenakan pakaian serba hitam lengkap ala jas. Sosok pahlawan yang dijuluki Tuxedo Bertopeng itu, kerap menjadi penyelamat Usagi dan kawan-kawan. Selain itu, yang unik dari film kartun ini adalah, secara tidak langsung penonton diberi pengetahuan mengenai nama-nama beberapa planet yang ada di tata surya. Sailor Moon awalnya adalah serial manga yang ilustrasi dan naskahnya dibuat oleh Naoko Takeuchi. Anime Sailor Moon yang diproduksi oleh Toei Animation pertama kali tayang di Jepang pada 7 Maret 1992 dan berakhir pada 8 Februari 1997 dengan 200 episode.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Yuuki Asuna - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -